Silahkan ketik di kolom pencarian ini

Sabtu, 05 Maret 2011

Cara menggunakan HP nokia 6120c segabai Modem

nokia_61201

Menggunakan Nokia 6120 sebagai Modem 3G   
Saat ini perkembangan teknologi internet semakin cepat. Dengan semakin bertambahnya minat dan kebutuhan masyarakat akan Internet, operator-operator berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan Internet yang praktis dan murah kepada masyarakat. Salah satu jenis layanan Internet yang diberikan adalah Mobile Internet, yaitu layanan Internet yang berkonsep pada kemudahan mobilitas penggunanya.
Ada beberapa operator yang memberikan layanan seperti ini, misalnya Indosat 3G, Telkomsel Flash, Indosat M2, dan lain-lain. Aku pribadi menggunakan Indosat M2. Untuk dapat menggunakan layanan ini, diperlukan sebuah alat yang bernama modem. Modem ini dapat berupa modem-modem 3G yang tersedia di pasaran dengan harga lebih kurang Rp 1 juta rupiah, atau alternatif lain jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang terlalu besar adalah dengan menggunakan handphone 3G sebagai modem. Aku yakin, saat ini sudah banyak orang yang memiliki handphone dengan kemampuan 3G. Apa salahnya menggunakan perangkat yang sudah ada untuk mencoba layanan Internet ini?
Pada kesempatan ini aku akan berbagi mengenai bagaimana menggunakan handphone Nokia 6120 sebagai modem 3G. Aku membagi langkah-langkah ini ke dalam dua bagian menurut Operating System (OS) yang digunakan, yaitu Windows dan Linux.
WINDOWS
Pada Windows, setting yang dilakukan tidaklah rumit. Parameter yang harus diingat adalah Access Point Name (APN), username, dan password. Kemudian kita dapat melakukan koneksi antara handphone dengan komputer menggunakan kabel data dan software Nokia PC Suite yang telah diberikan dalam paket pembelian handphone. Setelah Nokia PC Suite diinstall dan handphone terdeteksi, buka Nokia PC Suite dan pilih pilihan One Touch Access kemudian isikan APN, username, dan password pada kolom yang tersedia dan klik “connect” maka Anda akan langsung terhubung dengan Internet.
LINUX
Aku menggunakan distro Linux Ubuntu untuk koneksi Internet menggunakan Nokia 6120 ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Hubungkan handphone Nokia 6120 dengan komputer menggunakan kabel data
2. Buka terminal, masuk sebagai root, dan ketikkan perintah wvdialconf. Perintah awal ini berguna untuk mendeteksi handphone sebagai modem. Pastikan modem ditemukan, biasanya terletak pada direktori /dev/ttyACM0.
3. Setelah handphone terdeteksi, buka dan edit /etc/wvdial.conf. Anda akan menemukan script seperti di bawah ini.
[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyACM0
Baud = 460800
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1, “IP”, “
ISDN = 0
Modem Type = Analog Modem
Phone = *99#
Username =
Password =  
Huruf yang dicetak tebal adalah kalimat yang harus ditambahkan pada script tersebut sesuai dengan konfigurasi operator yang bersangkutan. Sebagai contoh, aku menggunakan Indosat M2 yang memiliki APN : indosatm2, maka pada bagian Access Point Name saya ganti dengan “indosatm2″
4. Setelah /etc/wvdial.conf selesai diedit, save dan tutup file tersebut.
5. Ketikkan perintah wvdial
6. Anda sudah dapat terhubung dengan Internet
Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar